Saturday, October 13, 2012

Manfaat Perdagangan Internasional

  Salah satu faktor pendorong negara melakukan perdagangan internasional tentu saja karena adanya manfaat atau keuntungan yang diperoleh masing-masing negara yang terlibat didalamnya. Beberapa manfaat yang dapat diperolah dari negara-negara yang melakukan perdagangan internasional adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatnya kualitas konsumsi : Melalui perdagangan internasional, penduduk suatu negara dapat memperoleh dan mengkonsumsi barang atau jasa yang kualitasnya lebih baik dibandingkan kualitas barang atau jasa yang dihasilkan dalam negara.
  2. Mendatangkan devisa bagi negara : Jika suatu negara memproduksi suatu barang untuk diekspor ke luar negeri maka devisa negara pun akan bertambah. Yang nantinya akan dipakai juga untuk mengimpor barang-barang yang kita butuhkan.
  3. Membuka kesempatan kerja : Perdagangan internasional berupa aktivitas ekspor akan membutuhkan tenaga kerja, bukan?
  4. Menstabilkan harga-harga : Jika suatu barang langka atau tidak ada di pasar, itu akan membuat permintaan barang semakin tinggi dan menaikkan harga barang tersebut. Maka itu mengimpor barang adalah solusi untuk membuat harga menjadi normal lagi dan menstabilkan harga-harga yang ada.
  5. Mempercepat transfer teknologi : Untuk menggunakan barang-barang yang diimpor, seringkali dibutuhkan pengetahuan atau keterampilan tertentu. Oleh karena itu para importir (pihak yang melakukan impor) perlu mengadakan pelatihan untuk menggunakan teknologi. Hal seperti ini akan mempercepat terjadinya transfer teknologi (alih teknologi)


2 comments:

  1. Artikel ini (mempercepat teknologi transfer) sangat bermanfaat dan membantu untuk memenuhi tugas kuliah saya, terimakasih.

    Kenalkam, saya nindia putri 1722500056, kunjungi website https://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete