Thursday, November 8, 2012

Valuta Asing

Valuta asing

Definisi: Segala mata uang asing yang beredar dalam negeri suatu negara dan memiliki catatan kurs resmi di bank sentral

Fungsi valuta asing:


  • Alat tukar internasional
  • Alat pembayaran luar negeri
  • Alat stabilisasi mata uang suatu negara

Sumber penerimaan devisa berupa:

  • Ekspor barang dan jasa
  • Pinjaman luar negeri
  • Bunga atau pendapatan investasi

Nilai tukar valuta asing (kurs)

  • Jumlah satuan mata uang yang harus diserahkan untuk mendapatkan satu satuan mata uang asing
  • Perbandingan nilai antara mata uang dalam negeri dengan mata uang asing
  • Nilai kurs berubah tergantung permintaan dan penawaran

Fungsi kurs:

  • Pembayaran antar negara
  • Pertukaran barang dan jasa
  • mengukur kekayaan
  • menimbun kekayaan
  • cadangan moneter

Kurs: 

  • Kurs Jual: Kurs Valuta Asing yang digunakan jika Bank/money changer menjual VALAS kepada nasabah
  • Kurs Beli: Kurs Valuta Asing yang digunakan ketika Bank/money changer membeli VALAS dari nasabah
  • Kurs Tengah: Kurs rata-rata antara kurs jual dan kurs beli





4 comments:

  1. Bisnis forex adalah bisnis valas , setiap orang bisa melakukan bisnis ini.

    Saya sendiri melakukan bisnis ini sejak beberapa tahun yang lalu dan hasilnya memang bermanfaat. nah, sekarang saya join dengan broker yang menurut ane sangat terpercaya yaitu www.octafx.com

    Octafx memberikan bonus deposit 50% juga pelayanan yang prima sejak ane bergabung dengan broker ini.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. bagaimana cara menentukan nilai tukar valas dari salah satu negara yang penduduknya sedikit dibanding penduduk suatu negara yang padat dan banyak

    ReplyDelete
  4. Selamat Siang, salam sukses untuk anda.
    Perkenalkan nama saya Arya sebagai Business Development dari ForexMart.
    Saya melihat blog anda sangat informatif dan menarik. Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini saya ingin mendiskusikan mengenai partnership afiliasi dari ForexMart dengan anda.
    Untuk info lebih lanjut bolehkah saya meminta alamat email anda untuk menjelaskan tentang kerja sama ini?,atau Silahkan menghubungi saya di email arya@forexmart.com. Terima kasih

    ReplyDelete